Sabtu, 16 Januari 2010

Jadi pengangguran memang tidak enak

Para pensiunan yang berpindah dari full-time work ke pekerjaan sementara atau part-time job mengalami sedikit penyakit dan mampu berfungsi lebih baik dari hari ke hari dibandingkan orang yang berhenti bekerja sama sekali. Hal tersebut diungkapkan dari hasil penelitian yang dilakukan di Amerika.
Penulis hasil penelitian merujuk perpindahan diantara karir dan pensiun secara penuh disebut "bridge employment" yang dapat berupa part-time job, self-employment or a temporary job. Hasil penelitian ini dilaporkan dalam Journal of occupational health psychology yang dipublikasikan oleh APA.
Menurut asisten penulis hasil penelitian, Mo Wang, PhD, dari Universitas Maryland, akan lebih banyak ditemui orang yang mempertimbangkan karyaman pasca pensiun (post-retirement employment) dan hal tersebut menunjukkan secara sekilas keuntungan bridge employement.
Dalam studi yang dilakukannya, Wang dkk mencari data pada national health and retirement yang disponsori oleh national institute on aging. Mereka menggunakan data dari 12.189 partisipan yang berumur antara 51-61 tahun di awal penelitian. Patisipan kemudian diinterview setiap 2 tahun selama 6 tahun periode yang diawali pada tahun 1992 mengenai kesehatan, keuangan, riwayat peekrjaan, dan bekerja atau pensiun. Dalam usaha untuk menilai kesehatan responden, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, kanker, penyakit paru-paru, penyakit jantung, stroke , dan masalah psychiatric. Mereka tidak hanya mengontrol kesehatan mental dan fisik tetapi juga usia, sex, tingkat pendidikan, dan kesejahteraan finansial keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan pensiunan yang melanjutkan bekerja dalam bridge job mengalami lebih sedikit penyakit dan lebih sedikit mengalami hambatan dibandingkan dengan mereka yang pensiun secara penuh.
Para partisipan menjawab kuesioner kesehatan mental dasar. Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang memilik pekerjaan post-retirement yang berhubungan dengan karir mereka sebelumnya melaporkan kondisi kesehatan yang lebih baik dibandingkan dengan yang pensiun penuh. akan tetapi, peningkatan kesehatan mental ini tidak ditemukan diantara orang yang bekerja diluar bidang karir mereka pasca pensiun. Penulis hasil penelitian mengatakan bahwa hal tersebut karena mereka yang mengambil pekerjaan di luar bidang karir mereka mungkin membutuhkan proses adaptasi dengan lingkungan kerja yang berbeda atau kondisi pekerjaan yang berbeda., dan oleh karena itu, mereka menjadi stress. Wang, juga menemukan bahwa pensunan dengan masalah finansial lebih cenderung untuk bekerja di dalam bidang yang berbeda setelah mereka resmi pensiun.
Sumber :
www.apa.org, "people who work after retiring enjoy better health, according to national study"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar