Sabtu, 16 Januari 2010

Untuk Kakek nenek kita

Pelayanan secara sukarela (Volunteer service), seperti men-tutor anak-anak, dapat membantu older adults menghambat penurunan fungsi Otak. Hal tersebut didasari oleh penelitian yang dilakukan para peneliti dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health. Dengan menggunakan fMRI, para peneliti menemukan bahwa para older adults yang berpartisipasi dalam youth mentoring program mengalami peningkatan dalam area otak yang mendukung kemampuan kognitif yang penting untuk perencanaan dan pengorganisasian kehidupan sesorang sehari-hari.

Studi yang dilakukan pertama kali tersebut dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa program social service seperti Experience Corps (program yang diadakan di Amerika Serikat yang dapat memberikan keuntungan tambahan kepada older adults yang berpartisipasi yaitu peningkatan kualitas hidup dan kemampuan kognitif. Studi ini dipublikasikan pada bulan desember dalam Journals of Gerontology: Medical Sciences.
Menurut peneliti Michelle C. Carlson, PhD dari Bloomberg School's Department of Mental Health and Center on Aging and Health, para peserta Experience corps mengalami peningkatan dalam pemfungsian kognitif dan hal tersebut diasosiasikan dengan perubahan yang signifikan dalam pola pengaktifan otak. Lanjutnya, kegiatan tersebut meningkatkan fungsi kognitif dan otak pada older adults.
Menurut Linda P. Fried, MD, MPH, dekan Mailman School of Public Health at Columbia University, penelitian tersebut menyarankan bahwa terdapat peran baru untuk older adults di dalam aging society yang dapat didesain sebagai sebuah win-win solution yang dipusatkan kepada kebutuhan kemasyarakatan yang penting dalam masyarakat, seperti kesuksesan anak-anak, dan secara bersamaan, kesehatan dan kesejahteraan older volunteers sendiri.
Jadi, mungkin daripada membuat panti jompo, kenapa tidak mencoba membuat program sosial yang mengikutsertakan para opa dan oma kita ?. Ada yang mau mencoba ?.


Sumber :
“ For Older Adults, Participating in Social Service Activities Can Improve Brain Functions”, www.sciencedaily.com, diunduh pada tanggal 16 Desember 2009 pukul 09.41

Tidak ada komentar:

Posting Komentar