Sabtu, 16 Januari 2010

olahraga dan memori

Sekitar 3-4 tahun lalu, saat penulis pertama kali masuk di kelas 3 SMA, penulis pernah merasa “tersinggung” dengan kata-kata wali kelas yang tegas dan baik. Wali kelas penulis mengatakan biasannya ia mengalami kesulitan dengan anak-anak yang suka bermain sepakbola karena pemain bola otaknya di dengkul. Penulis bingung dan sedikit kesal. Teman-teman penulis yang suka bermain bola semuanya pintar dan penulis juga suka dengan olah raga ini meskipun tidak pandai memainkannya. sial...
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ukuran hippocampus orang dewasa yang sehat secara fisik memiliki keuntungan sebesar 40 persen dalam spatial memory.Peneliti dari Universitas Illinois dan Universitas Pittsburgh menghitung cardiorespiratory fitness dari 165 orang dewasa diantara (109 diantranya wanita) yang berumur 59-81 tahun . Dengan menggunakan Using magnetic resonance imaging, peneliti melakukan sebuah volumetric analysis terhadap hipokampus kiri dan kanan subyek penelitian. Para peneliti juga menguji spatial reasoning subyek penelitian. Para peneliti menemukan hubungan signifikan diantara tingkat kesehatan jasmani dan performa mereka pada tes spatial memory tertentu. Mereka juga menemukan adanya hubungan yang kuat antara kesehatan jasmani dengan ukuran hipokampus. Hippocampus merupakan bagian dari lobus temporal otak manusia. Hippocampus penting untuk pembentukan memori. Orang yang hippocampusnya dipindahkan akan mengalami kehilangan kemampuan untuk menyimpan pangalaman paling baru didalam memori. Hippocampus juga berperan penting dalam spatial navigation dan memori-memori lain yang terkait dengannya.
Penelitian-penelitian juga menemukan bajwa hippocampus menyusut bersamaan dengan bertambahnya usia, sebuah proses yang beriringan dengan penurunan kognitif yang kecil tetapi signifikan. Penyusutan ukuran hippocampus berbeda-beda pada masing-masing orang.
Menurut professor psikologi Art Kramer dari universitas Illinois (peneliti yang melaksanakan penelitian mengenai hipokampus bersama dengan professor psikologi Kirk Erickson dari Universitas Pittsburgh), orang yang lebih sehat memiliki hipokampus yang lebih besar dan orang yang memiliki lebih banyak jaringan dalam hippocampus memiliki memori spatial yang lebih baik.
Menurut Kramer, pelemahan spatial memory merupakan salah satu penyebab menurunnya tingkat kemandirian orang yang lebih tua (sudah tua).
Keajaiban dunia olahraga.................
Sumber :
www.sciencedaily.com, “Physical Fitness Improves Spatial Memory, Increases Size Of Brain Structure”, diunduh pada tanggal 26 Februari 2009 pukul 12.39

Tidak ada komentar:

Posting Komentar